Dakwah Yang Universal


indahnya dakwahDengan nama Alloh Robb semesta alam

Sahabatku, teringatku pada sebuah biografi seorang  imam yang sudah  tidak asing lagi di telinga kita. Dia adalah imahadits m Al-Bukhari. Seorang imam yang luar biasa, dia yang focus dalam mencari ilmu   berkarakter kuat serta teguh  untuk menjunjung tinggi syariat Islam. Dia tidak mengkhususkan ilmunya untuk seorang atau sekelompok orang tapi dia berprinsip bahwa Islam adalah ramhatan lil ‘alamin. Jadi baginya ilmu yang dimiliki adalah untuk seluruh umat manusia di seluruh dunia seperti kisahnya di bawah ini :

Terusirnya Imam Al-Bukhari Dari Bukhara

Ghonjar mengatakan dalam kitab Tarikhnya, “Aku mendengar Ahmad bin Muhammad bin Umar berkata, “Aku mendengar Bakar bin Munir mengatakan, “Amir Khalid bin Ahmad Adz-Dzuhail, amir penguasa Bukhara, mengirim utusan kepada Muhammad bin Ismail, yang isinya, “Bawalah padaku kitab Jaami’ush Shahih dan at-Tarikh supaya aku bisa mendengar dari kamu.” Maka, berkatalah al-Bukhari kepada utusan tersebut, “Katakanlah kepadanya bahwa sesungguhnya aku tidak akan merendahkan ilmu dan aku tidak akan membawa ilmuku itu ke hadapan pintu para sultan. Apabila dia butuh (jika ilmu itu dikehendaki), maka hendaknya dia datang kepadaku di masjidku atau di rumahku. Kalau hal ini tidak menyenangkan wahai sultan, maka laranglah aku untuk mengadakan majlis ilmu, supaya pada hari kiamat aku punya alasan di hadapan Allah bahwa aku tidak menyembunyikan ilmu.” Ghonjar mengatakan, “Inilah yang menyebabkan terjadinya krisis di antara keduanya.”

Al-Hakim berkata, “Aku mendengar Muhammad bin al-‘Abbas adh-Dhobby mengatakan, “Aku mendengar Abu Bakar bin Abu Amr berkata, “Perginya Abu Abdillah al-Bukhari dari negeri Bukhara disebabkan Khalid bin Ahmad Khalifah bin Thahir meminta beliau untuk hadir di rumahnya supaya membacakan kitab at-Tarikh dan al-Jaami’ush Shahih kepada anak-anaknya, tapi beliau menolak. Beliau katakan, “Aku tidak mempunyai waktu jika hanya orang-orang khusus yang mendengarkannya (mendengarkan ilmuku, pen). Maka Khalid bin Ahmad meminta tolong kepada Harits bin Abi al-Warqa` dan lainnya dari penduduk Bukhara untuk bicara mempermasalahkan madzhabnya. Akhirnya Khalid bin Ahmad mengusir beliau dari Bukhara.”

Dari sekelumit kisah  ini, dapat kita ambil sebuah inti hikmah yang luar biasa bahwasannya amanah dakwah bersifat umum. Dakwah tidak dikhususkan harus disampaikan oleh orang dengan tipe ini dan itu  dan tidak pula disampaikan untuk orang ini dan itu. Tapi dakwah bisa disampaikan oleh siapapun dan diperuntukkan untuk siapapun.

Yakin, tidak perlu kita harus jadi seorang ustadz untuk berdakwah selama kita mampu maka kita pun berkewajiban untuk berdakwah. Menyampaikan ilmu yang kita punya, dan berusaha tidak menyembunyikannya sedikitpun walaupun kita pada  dasarnya hanya memiliki sedikit ilmu.  Jadi akhirnya saya hanya bisa berkata :

“Kita hidup adalah untuk mengajar, dan kita mengajar adalah untuk terus berlajar. Begitulah dunia ini berputar. Maka janganlah kita sia siakan hidup kita. Karena hidup (dunia) adalah untuk hidup (akhirat)”

Perihal

Assalammu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh Salam kenal semuanya nama saya Irfan Mundzir Ramdhani. Biasa dipanggir Al-Mundzir. Subhanalloh akhirnya saya merampung blog terbaru saya. Saya ingin mencoba tuk bisa menjadikan blog ini sebagai media untuk menyalurkan semua apresiasi saya. Dan moga ini dapat menajadi sebuah motivasi saya agar bisa menjadi lebih baik lagi lagi lagi… Insya Alloh Blog Genggam Waktu ini akan terus terupdate untuk bisa mengisi kekosongan waktu. yang inginnya saya isi dengan puisi, informasi, tips, dakwah dan lain sebagainya. Kalo ada yang mau ikut sharing atau menyumbang artikel silahkan email saya aja… atau ke facebook saya dengan email al.mundzir@gmail.com. Syukron ya udah berkunjung… Wassalam

Ditulis dalam celoteh, dakwah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coba Tuk Menggenggam Waktu

GENGGAM WAKTU

Blog Stats
  • 17,943 hits
Kategori
Translate
Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Yang berkunjung sejak 26/11/2009
%d blogger menyukai ini: