Bu Minah, dipenjara karena 3 buah kakao dan alasan efek jera (ulasan dari TV ONE)


Astaghfirulloh, bener-bener dah, kemaren waktu saya lihat TV one malem tentang ngebahas bu minah yang dipenjara selama 1,5 bulan hanya karena mengambil 3 biji kakao (coklat). Sudah tua renta nenek berusia 55 tahun dianggap tetap bersalah walaupun kakao itu sudah dikembalikan ke Bpk. Nono seorang mandor yang kebetulan mergoki dia.

Yang belum tahu kronologis seperti ini :

Ibu Minah seorang nenek berumur 55 tahun dengan pekerjaan sehari-hari berkebun. Yang ditanam oleh belia adalah kedelai dan jagung dengan penghasilan +/- untuk kedelai Rp. 350.ooo/ 3bulan  dan untuk jagung Rp. 450.000/ 4bulan. Bisa Anda bayangkan betapa kecilnya penghasilan beliau. Beliau tinggal bersama anak dan cucunya.

Kebetulan dia dapat kabar bahwasannya kalo kopi dan coklat itu harga jualnya mahal bisa sampai Rp. 12.000/kg. Beliau tertarik untuk bercocok tanam. Akhirnya dia masuk ke ladang milik PT. RSA di siang hari sekitar jam 12.00. Kemudian dia mengambil 3 buah kakao dan menaruhnya di tanah. Akan tetapi kejadian itu kepergok  oleh Bpk . Nono (mandor) sehingga Bu minah di panggil ke dalam kantor. Bu Minah saat itu langsung minta maaf kepada Bpk Nono dan menyerah 3 biji buah kakao tersebut. Bu Minah kemudian pulang …… Kejadian itu terjadi sekitar awal  bulan Agustus 2009.

Selang 2 minggu setelah itu datang aparat kepolisian lengkap dengan surat perintahnya untuk memanggil bu minah demi melakukan proses pemeriksaan. Dengan baik polisi menanyakan perkaranya menanggapi laporan dari pihak PT. RSA. Bu Minah menjawab dengan ketakutan karena mungkin beliau sudah udzur dalam perawakan dan mental. Akhirnya polisi memulangkan bu minah setelah proses pemeriksaan selama +/- 1/2 jam saja.

Tidak ada sedikit pun pikiran baik dari bu minah dan keluarga bahwasannya kasus ini akan ada kelajutannya. Sungguh tidak di duga Bu Minah harus dipanggil kembali oleh kepolisian dan melakukan pemeriksaan rutin di Kapolsek. Hal itu dikarenakan pihak Pt. RSA terus mendesak untuk menindak tersangka. Bayangkan Bu Minah harus bolak-balik ke Kapolsel sebanyak 1 minggu sekali walaupun  tidak punya ongkos. Beliau diantar oleh cucunya…
Pemeriksaan break selama bulan Ramadhan. Dan dilanjutkan kembali +/-  2  minggu setelah Ramadhan. Satu kali pemanggilan lagi oleh polisi. Yang berhujung pada sebuah usulan polisi untuk berdamai antara pihak PT. RSA dan Bu Minah mengingat unsur kemanusiaan di sana. Sayangnya pihak Pt RSA yang diwakili Bpk. Suwarno (administrasi) mengatakan ” Sudah proses aja segera ditindak agar bisa menimbulkan efek jera ” (ck ck ck Astaghfirulloh).

Akhirnya kasus pun berlanjut ke meja hijau. Bu Minah di sidang tanpa di dampingi pengacara. Akhirnya muncul berita : ” Seorang Bu Minah di hukum 1,5 bulan  hanya karena mencuri 3 buah kakao dan itu pun sudah dikembalikan”

Yang membuat lucu adalah telewicara antara presenter TV One dengan bapak Suwarno via Telp yang kira seperti ini :

presenter : ” Kenapa kasus ini harus terus berlanjut padahal bu minah sudah mengembalikan 3 biji kakao itu?”

SU : ” Wanita ini pinter. Dia memasukkan biji ke kadinya sehingga ketika di panen kedelai dia juga panen kopi kita.”

Kemudian pertanyaan yang ini :

presenter : ” Pada saat itu polisi sudah mengajukan aga berdamai kepada Pihak Pt RSA kenapa tidak ditanggapi?”

SU : ” Ya, tapi lebih baik ditindak aja Pa, agar bisa menimbulkan efek jera “

Dan akhirnya ada kesimpulan :

presenter : “Jadi jangan mencuri di ladang PT. RSA di atas umur 50 tahun. Entar di sidang .”

Ok , Wallohu’alam bisshowab

Perihal

Assalammu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh Salam kenal semuanya nama saya Irfan Mundzir Ramdhani. Biasa dipanggir Al-Mundzir. Subhanalloh akhirnya saya merampung blog terbaru saya. Saya ingin mencoba tuk bisa menjadikan blog ini sebagai media untuk menyalurkan semua apresiasi saya. Dan moga ini dapat menajadi sebuah motivasi saya agar bisa menjadi lebih baik lagi lagi lagi… Insya Alloh Blog Genggam Waktu ini akan terus terupdate untuk bisa mengisi kekosongan waktu. yang inginnya saya isi dengan puisi, informasi, tips, dakwah dan lain sebagainya. Kalo ada yang mau ikut sharing atau menyumbang artikel silahkan email saya aja… atau ke facebook saya dengan email al.mundzir@gmail.com. Syukron ya udah berkunjung… Wassalam

Tagged with: , ,
Ditulis dalam berita, celoteh, renungan
One comment on “Bu Minah, dipenjara karena 3 buah kakao dan alasan efek jera (ulasan dari TV ONE)
  1. lo-marko mengatakan:

    Please if you send me mozno plant for cultivation in Macedonia of’m interested to try klimackite whether conditions suitable for plant my address SAVA KOVACHEVIKJ BR22A 91000 SKOPJE MACEDONIA advance thank you I’m Blashko Georgiev please answer me as soon as within

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coba Tuk Menggenggam Waktu

GENGGAM WAKTU

Blog Stats
  • 17,943 hits
Kategori
Translate
November 2009
S S R K J S M
    Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Yang berkunjung sejak 26/11/2009
%d blogger menyukai ini: