Sebutlah Masjid itu ” MASJID ” jangan ” Mosque “


Tahukah Anda sahabatku :

Sebuah fakta yang menarik dan juga mencengangkan kita semua sebagai umat islam. Kata “Mosque” yang kita anggap sebagai sebuah terjemahan dari Masjid, ternyata kita sudah tertipu. Sebagai seorang muslim yang awam tentu pada awalnya kita menyangka bahwasannya masjid = mosque. Karena memang kita juga menemukan di kamus manapun memang seperti itu.

Tapi sungguh faktanya sangat mengejutkan kita. Dari sebuah buku yang berjudul : “THE COMPLETE IDIOT’S GUIDE TO UNDERSTANDING ISLAM” yang kebetulan saya dapatkan pula informasi ini dari saudara seiman saya di facebook.  Salah satu yang ada di buku itu adalah informasi tentang kata ” Mosque “.

Buku ini menunjukkan bahwa istilah “ Mosque ” diperoleh dari kata dalam bahasa Spanyol, yaitu ” Mosquito ” yang berarti “Nyamuk”. Dinamakan seperti itu karena saat Perang Salib terjadi, Raja Ferdinand berkata bahwa mereka akan berangkat dan membasmi Muslim ” like mosquitoes ” (“seperti nyamuk-nyamuk”). (Dimana lagi mereka dapat temukan muslim dalam jumlah yang cukup besar untuk dibasmi jika bukan di Masjid?). <Na’udzubillah>

Sehingga tanpa sungkan mereka menyebut masjid kita adalah ” Mosque “.  Ya memang begitu jika kaum kufar dengan segala kebengisan dan ketamakannya berbuat sesuatu. Maka dari saudaraku ikhwan dan akhwat yang dicintai oleh Alloh. Marilah kita coba untuk mengatakan Masjid itu masjid jangan Mosque. Inginkah baitulloh kita yang suci yang kita sebut MAsjid (tempat sujud) dikatakan “Mosque” (tempat pembasmian).  Wallohu’alam bisshowab

 

Perihal

Assalammu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh Salam kenal semuanya nama saya Irfan Mundzir Ramdhani. Biasa dipanggir Al-Mundzir. Subhanalloh akhirnya saya merampung blog terbaru saya. Saya ingin mencoba tuk bisa menjadikan blog ini sebagai media untuk menyalurkan semua apresiasi saya. Dan moga ini dapat menajadi sebuah motivasi saya agar bisa menjadi lebih baik lagi lagi lagi… Insya Alloh Blog Genggam Waktu ini akan terus terupdate untuk bisa mengisi kekosongan waktu. yang inginnya saya isi dengan puisi, informasi, tips, dakwah dan lain sebagainya. Kalo ada yang mau ikut sharing atau menyumbang artikel silahkan email saya aja… atau ke facebook saya dengan email al.mundzir@gmail.com. Syukron ya udah berkunjung… Wassalam

Tagged with: , ,
Ditulis dalam berita, dakwah, kritik, renungan
One comment on “Sebutlah Masjid itu ” MASJID ” jangan ” Mosque “
  1. eemoo mengatakan:

    Mezquita –> spain
    Moschea –> Italia
    Camii –> Turki
    Mosque –> Inggris
    Masjid –> Indonesia, Malaysia, brunai, singapura
    moskee –> Belanda
    Мечеть –> Rusia
    Moschee –> Jerman
    mesquita –> portugis

    Perdebatan masalah asal kata mosque memang sangat menarik dan sangat sentimentil. Tetapi hampir semua muslim Inggris atau Amerika menyebut masjid dengan kata Mosque tanpa ada pemikiran negatif tentang asal katanya..

    Di Internet sendiri asal kata mosque itu ada banyak, memang yang satu ini yaitu nyamuk sangat tendensius…Saya sendiri kadang masih menggunakan kata Mosque untuk menyebut nama masjid…namun makasih atas pemberitahuannya
    http://www.majestad.wordpress.com
    http://muslimspeak.wordpress.com/2009/01/15/the-meaning-and-evolution-of-the-word-mosque/#comment-351

Tinggalkan Balasan

Coba Tuk Menggenggam Waktu

GENGGAM WAKTU

Blog Stats
  • 17,943 hits
Kategori
Translate
November 2009
S S R K J S M
    Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Yang berkunjung sejak 26/11/2009
